Wednesday, December 6, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Mazda Interplay 1990

Eksterior Mazda Interplay Modifikasi

GRC - Mazda Interplay merupakan salah satu dari seri Mazda 323 yang dikenalkan pertama kali kepada publik Indonesia pada tahun 1989. Setelah dipasarkan hingga 5 tahun, tepatnya pada tahun 1994 kehadiran Interplay digantikan oleh penerusnya, Mazda 323 Lantis. Mobil ini dikenalkan bersamaan dengan versi hatchbacknya yaitu Mazda Astina. Di pasar lokal, Mazda Interplay memasuki segmen sedan subkompak yang diisi oleh para kompetitornya antara lain Honda Grand Civic, Toyota Corolla Twincam, Mitsubishi DanGan dan juga Daihatsu Charade Sedan. 

Eksterior Mazda Interplay
Dilihat dari luar, dimensi sedan ini memang terlihat mungil, lebih kecil dari Twincam namun sedikit lebih besar dari Grand Civic. Desain luar terlihat manis, dimana lekukan yang digunakan cukup aerodinamis. Pada bagian facia depan menggunakan lampu utama berbentuk sipit dan terlihat sporty. Namun ketika beranjak ke bagian belakang, mungkin Anda akan sedikit merasa kecewa karena bentuk lampu belakang terlihat jelek ataupun aneh. Sisi positif dari bagian luar adalah terdapat sistem penggereman cakram di keempat roda. Pada masa itu, penggereman seperti ini hanya ada Mitsubishi DanGan GTi serta pada versi langka dari Twincam, yaitu tipe GT.


Interior Mazda Interplay
Meskipun ukurannya terlihat mini, namun iPlay (sebutan Mazda Interplay bagi kalangan pecinta otomotif Indonesia) memiliki kabin interior yang cukup luas mengalahkan para rivalnya. Percaya atau tidak, mobil ini mampu mengangkut 3 orang dewasa pada baris belakang tanpa berdesakan. Teknologi yang diusungnya pun cukup modern, dimana speedometer dan takometer sudah digital. Meskipun begitu, biaya perawatan bagian yang satu ini cukup menyita isi dompet. Jika memang Anda tertarik dengan mobil ini, pastikan semua kelistrikannya berfungsi normal. Tak hanya disitu, beberapa fitur mewah pada masa itu juga hadir di dalamnya, antara lain bangku supir yang bisa diatur ketinggiannya, power window, power steering, dan juga electric miror untuk spionnya. 

Interior Mazda Interplay

Performa Mesin Mazda Interplay
iPlay mengandalkan mesin karburator tipe B6 berkapasitas 1,6 liter dengan konfigurasi 4 silinder segaris 16 katup SOHC. Mesin dengan sistem pembakaran combustion ini mampu memproduksi tenaga hingga 82 HP pada putaran mesin 6.000 RPM dan torsi 123 Nm pada 5.600 RPM. 

Mesin Mazda Interplay

Impresi Berkendara dan Handling Mazda Interplay
Pengendalian Mazda Interplay terkenal cukup baik meskipun di satu sisi masih kalah dari Grand Civic. Pada kecepatan tinggi, mobil ini cenderung stabil berkat penggunaan suspensi dengan feedback positif terhadap jalanan aspal. Kualitas penggereman tidak perlu diragukan lagi, karena penggeremannya telah didukung oleh cakram di setiap roda. 

Spesifikasi Mazda Interplay
  • Mesin : Karburator 1600cc 4 silinder segaris 16 katup SOHC.
  • Tenaga maksimum : 86 HP @6.000 RPM.
  • Torsi puncak : 123 Nm @5.600 RPM.
  • Bore x Stroke : 78mm x 83.6mm.
  • Rasio kompresi : 9.3:1.
  • Konsumsi BBM : 9-11 km/L (dalam kota), 12-16 (luar kota).
  • Transmisi : manual 5 percepatan.
  • Suspensi : Depan MacPherson struts, belakang independent dengan stabilizer.
  • Rival : Honda Grand Civic, Toyota Corolla Twincam, Mitsubishi DanGan dan Daihatsu Charade Sedan. 
  • Tahun produksi : 1989 - 1994.

Harga Mazda Interplay
Di atas kertas, mobil ini memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni dan sarat teknologi. Meskipun begitu, harganya cukup miring. Dengan menyediakan uang sebesar 25 juta hingga 30 jutaan. Anda dapat membawanya pulang ke rumah. Perlu dicatat, untuk kondisi sempurna dengan semua fitur kelistrikan berfungsi lancar, biasanya dapat menembus harga hingga 40 jutaan.

Kelebihan Mazda Interplay
  • Harga miring.
  • Tarikan responsif.
  • Sarat teknologi.
  • Perawatan dan harga sparepart murah.
  • Ketersediaan sparepart terjamin.
  • Stabil pada kecepatan tinggi.
  • Nyaman.
  • Irit BBM.
  • Beberapa bagian mesin dapat disubstitusi dengan part Timor dan Ford Laser.

Kekurangan Mazda Interplay
  • Tenaga mesin terlalu kecil.
  • Terkenal rentan overheat. 
  • Beberapa part body sudah langka.
  • Speedometer digital sulit diperbaiki.
  • Sistem kelistrikan lumayan rumit.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Mazda Interplay.Sejatinya, mobil ini memiliki beberapa kelebihan di antara sedan pembuka tahun 90-an lainnya. Irit BBM, harga murah dan perawatan mudah adalah alasan tepat untuk menjadikan mobil ini sebagai tunggangan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment