Wednesday, November 18, 2015

Tips Membeli Motor Trail Yang Pas di Kantong

Motor trail sekarang telah menjadi populer di Indonesia. Penggunanya tidak hanya penggemar motor trail, tapi juga anak muda yang ikut terjangkit virus trail. Bahkan terkadang terlihat motor trail dikendarai di jalan raya, tempat yang tidak seharusnya sebuah motor trail berada. Kita tahu, motor ini sangat cocok untuk digunakan di medan adventur yang terjal. Kebanyakan motor trail digunakan di daerah pedalaman yang masih berupa hutan dan belum ada jalan aspal. Di Indonesia sendiri, sudah banyak merk motor yang meproduksi motor jenis ini, baik lokal maupun asing. Harga sebuah motor trail selalu lebih mahal daripada motor standar jalan raya. Hal ini karena motor trail lebih tangguh daripada motor biasa, baik dari segi mesin, body, dan rangkanya. Anda bisa membuktikannya sendiri dengan melihat daftar harga motor KTM misalnya. Karena harganya mahal, anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum membelinya agar tidak kecewa dikemudian hari. Berikut tips untuk membeli motor trail sesuai budget anda. Tips Membeli Motor Trail 

  1. Kegunaan motor
    Setiap orang memiliki alasan berbeda ketika ingin membeli sebuah motor trail. Seseorang mungkin membeli motor trail sekadar untuk touring yang artinya lebih banyak medan aspal yang akan dilalui. Sementara yang lainnya membeli trail memang khusus untuk kegiatan adventure ataupun offroad. Motor trail untuk kedua medan berbeda tersebut juga mestinya berbeda spesifikasi dan kegunaannya. Untuk motor yang digunakan untuk touring, anda masih mungkin untuk menggunakan motor berat dengan cc yang besar, misalnya saja KLX 250 dari Kawasaki ataupun Hyosung Monstrac 200. Motor cc besar akan nyaman digunakan di jalan raya untuk melaju kencang. Namun tidak cocok untuk digukanan di jalur offroad. Untuk jalur offroad dibutuhkan motor dengan bobot ringan sehingga mudah untuk bermanuver. motor dengan cc tak lebih dari  150 sangat cocok untuk medan offroad ini. Beberapa merk diantaranya KLX 150, TS 125, dan CRF 150F
  2. Skill Berkendara 
    Sebelum membeli motor bergenre trail anda juga harus memperhitungkan skill berkendara anda. Kemampuan anda dalam mengendalikan motor di jalur offroad maupun onroad sangat dibutuhkan. Hal ini karena motor trail memang dirancang khusus untuk melalui medan-medan yang berat. Jadi walaupun motor anda sudah sempurna, tanpa ditunjang dengan skill yang mumpuni, maka akan percuma saja, malahan bisa membahayakan keselamatan pengendaranya.
  3. Ketahanan dan Kenyamanan Motor
    yang digunakan untuk offroad haruslah motor yang mempunyai daya tahan tingkat tinggi. Tak hanya daya tahan, tetapi juga motor yang tetap nyaman meskipun digunakan di medan yang tidak nyaman. Motor trail tentunya banyak digunakan untuk jalan yang terjal, naik gunung dan masuk hutan. Maka dari itu ketahanan sangat perlu. Bayangkan jika motor anda mengalami kerusakan akibat daya tahan lemah ketika anda di tengah hutan. Tentunya ini sangat merepotkan sekali. Faktor kenyamanan juga sangat penting agar anda tidak merasa capek ketika mengendarai di medan offroad dalam waktu yang lama. Motor bergenre trail memang seharusnya memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada motor kebanyakan, karena memang penggunaannya juga jauh lebih ekstrim dibandingkan motor jalan raya. 
  4. Perawatan dan Spare Parts
    Salah satu yang cukup merepotkan dari motor trail adalah biaya perawatan dan spare part-nya yang mahal. Bayangkan saja, untuk harga oli mesin saja bisa lebih dari 100 ribu per liter. Jika anda tidak sering menggunakan trail untuk medan offroad, sebaiknya belilah trail yang perawatan dan suku cadangnya murah. Beberapa motor yang memenuhi kriteria tersebut diantaranya TS 125 dan KLX 150. Selain biaya perawatan yang lebih murah, motor-motor tersebut juga lebih mudah dijumpai di jalan-jalan karena memang motor tersebut dibuat untuk tujuan dual purposes.  
  5. Performa Mesin Performa mesin
    Performa mesin juga patut diperhitungkan karena memang tujuan anda membeli motor offroad ini adalah untuk bepergian ke tempat-tempat yang sulit dijangkau menggunakan motor biasa. Tentunya spesifikasi mesin yang handal dan dapat diandalkan juga menjadi faktor penentu untuk membeli motor bergenre trail ini. Pilihlah motor yang memiliki merk ternama. Bukan apa-apa, tapi demi memudahkan anda jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada mesin motor anda, spare partnya akan lebih mudah untuk didapatkan. Selain itu, mesin yang bandel juga akan sangat cocok jika dipergunakan untuk motor trail. Bagaimana tidak, medan yang terjal menjadi teman sehari-hari motor ini. Bayangkan saja jika motor trail tersebut tidak kuat menanjak dikarenakan spesifikasi mesinnya yang kurang. Aktifitas petualangan anda menjadi terganggu bukan. Anda harus mencari akal bagaimana motor tersebut dapat naik ke atas. Oleh karenanya pastikan spesifikasi mesin yang sesuai dan kalau bisa mintalah test drive terlebih dahulu sebelum membeli. 
  6. Tips Membeli Sepeda Motor Bekas
    Membeli Sepeda Motor dengan Mudah dan Aman Beberapa orang lebih suka memodifikasi motor sport menjadi bergenre trail. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan motor bebek atau skutik yang didandani layaknya motor trail. Hal ini sebenarnya sah-sah saja, namun yang perlu diperhatikan adalah ketahanan dan juga kualitas dari spare part motor tersebut. Jangan hanya tampilan saja yang diperhatikan ketika memodifikasi motor menjadi genre trail, namun perlu juga porsi perhatian lebih untuk segi kualitas supaya aktifitas offroad anda semakin nyaman dan tanpa kendala yang merepotkan.

No comments:

Post a Comment