GRC - Kawasaki Motor Indonesia (KMI) secara resmi telah meluncurkan New Kawasaki KLX150 off road version yang dibandrol dengan harga Rp 35,9 juta off the road. Yups, namanya saja versi off road, jadi jangan heran kalau motor ini hanya dijual dalam bentuk off the road alias tanpa surat-surat. Artinya, New Kawasaki KLX150 off road version merupakan motor yang benar-benar siap digunakan di lintasan off road dan tidak legal digunakan di jalan raya karena selain tidak ada surat-surat, juga tidak memiliki kelengkapan sebagai motor jalan raya seperti lampu utama, lampu belakang, lampu sign, speedometer, kaca spion, holder nomor polisi, dan lain-lain. Terus apa keunggulan New Kawasaki KLX150 off road version kalau dibandingkan dengan Kawasaki KLX150G maupun Kawasaki KLX150 BF series?
Tidak mungkin KMI berani membandrol New Kawasaki KLX150 off road version dengan harga yang mahal, bahkan jauh lebih mahal dibandingkan dengan Kawasaki KLX150 BF kalau nggak memiliki keunggulan. Dari segi mesin memang masih sama antara New Kawasaki KLX150 off road version dengan Kawasaki KLX150G/KLX150 BF. Namun, New Kawasaki KLX150 off road version yang sebenarnya identik dengan Kawasaki KLX140L di Amerika Serikat sana memiliki keunggulan utama di bagian frame. Berikut ini daftar keunggulan New Kawasaki KLX150 off road version yang membuat harganya begitu mahal dibandingkan dengan Kawasaki KLX150G/KLX150 BF:
- Bobot yang ringan: 99 kg
- Frame, swingarm, dan velg berbahan aluminium yang ringan
- Torsi lebih besar: 12 Nm/6.500 rpm
- Kanvas rem terbuat dari bahan sinter metal
- Suspensi belakang mono shock yang dilengkapi dengan piggyback reservoir, adjustable preload, adjustable compression, dan rebound dumping
- Pakai gas spontan
- Sprocket belakang 57 mata
- Final gear ratio 4,385
- Velg berukuran 18-21 inch dan dilengkapi dengan ban off road murni
- Kanvas kopling lebih kuat dan tahan dipakai di medan off road yang berat
- Ground clearance tinggi: 315 mm
- Seat height yang bersahaba: 860 mm
Nah, Deputy Head Sales and Promotion Kawasaki Motor Indonesia Michael Chandra Tanadhi juga memastikan kalau spesifikasi New Kawasaki KLX150 off road version sama persis dengan Kawasaki KLX140L di Amerika Serikat. Selain itu, berbeda dengan Kawasaki KLX150G/KLX150 BF yang diproduksi di Indonesia, New Kawasaki KLX150 off road version diimpor utuh (CBU) dari Thailand. “Mereka (Kawasaki Heavy Industries) tunjuk Thailand untuk jadi basis produksi ke Amerika Serikat dan Eropa. Paling pertama Amerika Serikat pada 20 Mei 2016. Di pasar lain belum ada, baru mereka sama kita (Kawasaki Motor Indonesia). Untuk prediksi rencana bisnis, nomor satu memang Amerika Serikat, nomor dua Indonesia, pemesan terbanyak. Spesifikasinya sama,” tutur Michael Chandra Tanadhi.
Kalau melihat berbagai keunggulan di atas, New Kawasaki KLX150 off road version memang benar-benar motor yang off road ready. Motor ini langsung bisa diajak ngegeas di lintasan off road tanpa perlu melakukan modifikasi maupun mempreteli part-part yang tidak diperlukan untuk off road. Bobot ringan, ban sudah pakai model off road murni, sprocket berukuran besar 57 mata, hingga suspensi belakang fully adjustable. Pokoknya langsung siap gas! Mungkin yang agak disayangkan mesinnya tetap sama seperti Kawasaki KLX150G/KLX150 BF dengan tenaga dan torsi minimalis, meskipun yang ini torsinya sedikit lebih besar. Ditambah lagi suspensi depan masih mengaplikasikan model teleskopik, belum upside down. So, apakah harga Rp 35,9 juta off the road untuk New Kawasaki KLX150 off road version terlalu mahal? Monggo dinilai sendiri…
No comments:
Post a Comment