GRC - Kawasaki Motor Indonesia (KMI) secara resmi telah meluncurkan New Kawasaki KLX (tanpa 150) yang diposisikan khusus sebagai motor off road. New Kawasaki KLX ini sama persis dengan Kawasaki KLX140L yang dipasarkan di Amerika Serikat. Walaupun hanya dijual dalam bentuk off the road, tanpa dilengkapi dengan surat-surat (STNK, TNKB, BPKB), dan tidak dilengkapi berbagai kelengkapan seperti lampu utama, lampu belakang, lampu sign, kaca spion, speedometer, holder nomor polisi dan sebagainya, namun nyatanya New Kawasaki KLX dijual lebih mahal dibandingkan dengan Kawasaki KLX150G/KLX150 BF yang didaulat sebagai motor dual sport. Tidak tanggung-tanggung, KMI membandrol New Kawasaki KLX dengan harga Rp 35,9 juta off the road di wilayah Jakarta.
Dijual dengan bandrol harga yang mahal tentunya New Kawasaki KLX memiliki segudang keunggulan dibandingkan dengan Kawasaki KLX150G/KLX150 BF. Apa saja keunggulan New Kawasaki KLX? Yang paling kelihatan New Kawasaki KLX memiliki bodywork yang berbeda, bobotnya jauh lebih ringan hanya 99 kg, memakai suspensi belakang mono shock dengan piggyback reservoir yang bersifat fully adjustable, pakai gas spontan, menggunakan ban off road murni dengan velg yang sudah dipasangi stopper/rim lock, ground clearance lebih tinggi yakni 315 mm, tangki terbuat dari bahan plastik ringan, dan knalpot juga terbuat dari bahan yang ringan dengan desain identik seperti Kawasaki KLX150S di masa lampau.
Bisa dibilang New Kawasaki KLX merupakan motor yang siap digunakan langsung untuk off road tanpa perlu mengganti part-part yang ada. Mungkin yang agak disayangkan mesin New Kawasaki KLX masih identik dengan Kawasaki KLX150G/KLX150 BF. Selain itu, suspensi depan masih mengandalkan model teleskopik, belum pakai model upside down, meskipun KMI mengklaim kalau suspensi teleskopik milik New Kawasaki KLX masih lebih nyaman digunakan melibas medan off road ketimbang suspensi upside down yang dipasang pada Kawasaki KLX150 BF. Untuk spesifikasi lengkap New Kawasaki KLX khusus off road bisa dilihat di bawah ya!
Engine:
- Type : Air cooled, 4-stroke single cylinder
- Bore x stroke : 58 x 54,4 mm
- Compression : 9,5 : 1
- Valve system : SOHC, 2 valves
- Fuel system : Carburator PB20
- Ignition : Digital DC CDI
- Starting : Electric
- Power : 11,13 dk @ 8.000 Nm
- Stroke : 12 Nm @ 6.500 rpm
- Transmission : 5 speed
- Final drive : Chain
- Primary reduction ratio : 2.860 (72/25)
- Final reduction ratio : 4.385 (57/13)
- Clutch : Wet multi-disc manual
Frame:
- Type : Perimeter box section, high tensile steel
- Wheel travel front : 190 mm
- Wheel travel rear : 200 mm
- Tyre front : 80/100-21 M/C 51M
- Tyre rear : 100/100-18 M/C 59M
- Caster (rake) : 27 degree
- Trail : 166 mm
- Steering angle (left/right): 41 degree / 41 degree
- Front suspension : 33 mm telescopic fork
- Rear suspension : Uni-Trak, aluminium single shock
- Rear suspension fitur : piggyback resevoir, adjustable preload, compression, rebound
- Front brake : Single 220 mm, dual piston caliper
- Rear brake : Single 190 mm, single piston caliper
- L x W x H : 2.005 mm x 790 mm x 1.135 mm
- Wheelbase : 1.330 mm
- Ground clereance : 315 mm
- Seat hight : 860 mm
- Curb mass : 99 kg
- Fuel capacity : 5,8 liters
No comments:
Post a Comment