Wednesday, March 8, 2017

WISATA MOTOR TRAIL PACITAN SELATAN


GRC - Indonesia adalah negara yang kaya akan potensi alam. Ibu pertiwi seakan tidak pernah kehabisan obyek wisata alam yang tentu membuat siapa saja yang melihatnya terpesona. Pantai adalah salah satu daya tarik wisata alam yang seolah tidak lekang zaman, nah ada sebuah lokasi yang terdiri dari beberapa pantai di kawasan Pacitan selatan yang keberadaannay diakui dunia internasional sebagai lokasi karst kelas satu.
Apa sih karst itu? Kars adalah bentuk bentang alam khas yang terjadi akibat proses pelarutan pada suatu kawasan batuan karbonat atau batuan mudah terlarut (umumnya formasi batu gamping) sehingga menghasilkan berbagai bentuk permukaan bumi yang unik dan menarik dengan ciri-ciri khas exokarst (di atas permukaan) dan indokarst (di bawah permukaan).   Pantai Klayar, Ngiro Boyo, Watu Karung dan Srau adalah pantai-pantai yang berada di kawasan Pacitan selatan tadi. Tak heran jika kemudian lokasi ini pernah diusulkan ke UNESCO untuk menjadi salah satu lokasi geo park.
Pantai Klayar memiiki pemandangan eksotis indah serta mempunyai formasi batu karang menjulang tinggi bak menara yang memagari pantai. Ada fenomena alam yang orang setempat menyebutnya seruling samodra, yakni semburan air seperti semburan gletser setinggi sekitar 10 meter ketika ombak menghantam gugusan karang.
Sementara itu  pantai Ngiroboyo memiliki laguna berpasir hitam legam yang kaya akan biji besi, dan Pantai Watukarung yang berpasir putih menawarkan sensasi bagi penggemar olah raga surving. Bagi Anda penggemar kuliner, Srau merupakan surga makan laut, disamping itu pantai ini juga memiliki hamparan kebun kelapa yang bisa Anda nikmati setiap saat.
Nah ternyata di kawasan pacitan selatan ini ada juga sarana bagi para pencinta motor trail. Ada beberapa jalur offroad yang bisa Anda gunakan untuk  dapat menikmati keindahan alam di atas motor trail kesayangan Anda.
Untuk mengunjugin Pantai Klayar, Ngiroboyo, Watu Karung, dan Srau, Anda bisa memulainya dari Desa Kalak. Kondisi jalur didominasi oleh tanah padas yang sedikit berlempung. Namun dominasi terbesar adalah berupa batu kapur dan sedikit batuan karang. Maklum kawasan pantai selatan, jadi berkarang dan berkapur.
Berangkat dari Desa Kalak menuju Pantai Klayar, Ngiroboyo, Watu Karung, Srau dan finish di Dadapan. Kondisi jalur didominasi oleh tanah padas yang sedikit berlempung. Namun dominasi terbesar adalah berupa batu kapur dan sedikit batuan karang. Maklum kawasan pantai selatan, jadi berkarang dan berkapur.
Anda bisa melihat beragam kemolekan alam kawasan Pacitan selatan dari sisi yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya. Memacu motor trail kesayangan sambil melintasi kawasan wisata alam yang menakjubkan serta melepas lelah sembari menikmati hidangan beragam makanan laut menjadi nilai plus yang mungkin tidak bisa ditemui di kawasan lainnya.

No comments:

Post a Comment