GRC – Selama ini kita sebagai konsumen di kelas mocil hanya disuguhi deretan sportbike buatan Jepang. Ironisnya hanya Yamaha dan Honda yang sanggup mendominasi segmen mocil bermesin 150cc hingga 200cc. Namun, hadirnya KTM RC 200dan Duke 200 seakan mengguncang pasar roda dua Indonesia.
Bagaimana tidak, KTM seolah mengkompori konsumen bahwa sportbike Jepang itu overprice. Itu sih yang ane tangkap. Modal Rp 33-37 juta sudah bisa bawa pulang sportbike spek dewa dengan harga terjangkau. Spek dewa itu apaan sih? Itu DOHC gan alias Dewa Overhead Camshaft. Ngoahahaha… Kan disini mesin DOHC diklaim sebagai mesin dewa.
Bicara soal spesifikasi, KTM RC 200 dibekali spesifikasi yang cukup mumpuni untuk kelas sportbike fairing entry-level. Mengandalkan mesin satu-silinder 200cc DOHC 4-klep dengan transmisi 6-speed, pendingin liquid-cooled, BOSCH Electronic Fuel Injection dan throttle body berukuran 38 mm. Mesin RC 200 memiliki rasio kompresi sebesar 11,5:1.
Sementara powernya diklaim tembus 25,48 HP (19 kW) pada 10,000 rpm dengan torsi puncak mencapai 19,5 Nm pada 8,000 rpm. Tentu power segini tergolong besar jika dibandingkan dengan Yamaha YZF-R15 maupun Honda CBR150R. Oh ya baik KTM RC 200 dan KTM Duke 200 ini digadang-gadang menggunakan basis spesifikasi mesin yang sama, hanya saja yang membedakan adalah marketnya.
Adapun untuk sasisnya menggunakan sejnis frame teralis atau bahasa kasarnya rangka kandang ayam. wkwkwkwkwk… Namun, dilahat dari bentuk konstruksi dan desainnya, frame teralis milik KTM RC 200 dan Duke 200 ini berbeda dengan frame teralis Honda CBR150R maupun Honda CB150R StreetFire. Oh ya warna framenya juga beda gan, bukannya berwarna hitam kelam, melainkan berwarna merah menyala. Jadinya kalo teyeng alias berkarat kan kagak kelihatan tuh. Ngoahahaha…
Yang tak kalah keren, KTM RC 200 dijejali suspensi depan upside-down WP dengan diameter 43 mm, diameter yang cukup besar tentunya. Pabrikan motor asal Austria itu juga menawarkan shock USD pada varian Duke 200. Terlepas dari masalah after sales dan ketersediaan spare part, KTM RC 200 dan Duke 200 sangat layak dipinang dan setimpal dengan harga yang ditawarkannya.
Nah bagaimana, sudah ready belum celengannya gan? Salam Istimidut. Ngoahahaha… Berikut spesifikasi lengkapnya.
Spesifikasi Lengkap KTM RC 200
ENGINE
Tipe: single-cylinder 4-stroke DOHC 4-valve
Kapasitas: 199,5 cc
Bore x Stroke: 72 mm x 49 mm
Compression Ratio: 11,5:1
Power: 25,48 HP (19 kW) @ 10000 rpm
Torque: 19,5 Nm @ 8000 rpm
Fuel System: Bosch EFI (throttle body 38 mm)
Engine Management (EMS): Bosch EMS
Transmisi: 6-speed gearbox
Primary Drive: 22:72
Secondary Gear Ratio: 14:42
Pendingin: Liquid-cooled
Lubrication: Wet sump
Engine oil: Motorex Formula 4T
Tipe Kopling: Wet multi-disc clutch, mechanically actuated
Silencer: Stainless steel with regulated catalytic converter
Tipe: single-cylinder 4-stroke DOHC 4-valve
Kapasitas: 199,5 cc
Bore x Stroke: 72 mm x 49 mm
Compression Ratio: 11,5:1
Power: 25,48 HP (19 kW) @ 10000 rpm
Torque: 19,5 Nm @ 8000 rpm
Fuel System: Bosch EFI (throttle body 38 mm)
Engine Management (EMS): Bosch EMS
Transmisi: 6-speed gearbox
Primary Drive: 22:72
Secondary Gear Ratio: 14:42
Pendingin: Liquid-cooled
Lubrication: Wet sump
Engine oil: Motorex Formula 4T
Tipe Kopling: Wet multi-disc clutch, mechanically actuated
Silencer: Stainless steel with regulated catalytic converter
CHASSIS
Tipe: Steel-trellis frame, powder coated
Suspensi Depan: WP upside-down Ø 43 mm
Suspensi Belakang: WP monoshock
Suspension Travel: 125 mm (Front) & 150 mm (Rear)
Handlebar: Alumunium, Tapered Ø 26/22 mm
Rem Depan: 4-piston radial fixed calliper, brake disc
Rem Belakang: Single-piston floating calliper, brake disc
Brake Disk Diameter: 300 mm (Front) & 230 mm (Rear)
Velg: Cast Aluminum 3.00 x 17″-inci (Front) & 4.00 x 17-inci (Rear)
Tires: 110/70 ZR 17 (Front) & 150/60 ZR 17 (Rear)
ABS: Bosch 9MB two-channel ABS
Chain X-Ring: 5/8 x 1/4″
Steering Head Angle: 66.5°
Trail: 88 mm
Wheelbase: 1340 ± 15 mm
Ground Clearance: 178.5 mm
Seat Height: 820 mm
Kapasitas Tangki: 10 liter
Dry Weight: 137,5 kg
Tipe: Steel-trellis frame, powder coated
Suspensi Depan: WP upside-down Ø 43 mm
Suspensi Belakang: WP monoshock
Suspension Travel: 125 mm (Front) & 150 mm (Rear)
Handlebar: Alumunium, Tapered Ø 26/22 mm
Rem Depan: 4-piston radial fixed calliper, brake disc
Rem Belakang: Single-piston floating calliper, brake disc
Brake Disk Diameter: 300 mm (Front) & 230 mm (Rear)
Velg: Cast Aluminum 3.00 x 17″-inci (Front) & 4.00 x 17-inci (Rear)
Tires: 110/70 ZR 17 (Front) & 150/60 ZR 17 (Rear)
ABS: Bosch 9MB two-channel ABS
Chain X-Ring: 5/8 x 1/4″
Steering Head Angle: 66.5°
Trail: 88 mm
Wheelbase: 1340 ± 15 mm
Ground Clearance: 178.5 mm
Seat Height: 820 mm
Kapasitas Tangki: 10 liter
Dry Weight: 137,5 kg
ELECTRICAL
Battery: 12V-8 Ah
Starter: Electric starter
Battery: 12V-8 Ah
Starter: Electric starter
No comments:
Post a Comment