Friday, January 29, 2016

Membangun Motor Trail dari Motor Harian

GRC - Sambil ngopi pagi, kita ngobrol-ngobrol masalah ringan tentang hobi adventure dengan motor trail, Memang bagi yang sudah cinta mati dengan hobi motor trail, tentunya akan menyisihkan dananya untuk beli motor trail asli. Akan tetapi karena motor trail ini memiliki part-part yang eksotis dan kekuatan yang lebih dibandingkan motor harian, harganya menjadi sangat mahal, coba perhatikan harga klx250 yang lebih mahal dari ninja250. Oleh karena itu cuma sebahagian orang saja yang mampu membeli dan merawatnya, rider tajir bro.
Bagi rider kelas menengah ke bawah, apalagi yang sudah punya motor harian, rasanya berat beli motor lagi hanya untuk nge-trail yang cuma (maksimal) seminggu sekali. Oleh karena itu, untuk menyalurkan hobinya merekan mending minjem/nge-rental atau memodif motor harian yang ada, yang pastinya ingin agar biaya/harga untuk motor menjadi lebih murah. Bagi yang punya motor sport bertorsi besar, sangat cocok untuk dimodifikasi jadi motor trail.
trail megapro trail thunder trail vixion
Apalagi jika membangun motor trail, berbasis motor sport yang memiliki bobot ringan dan tenaga besar seperti motor-motor yamaha generasi rx, akan lebih mantab lagi.
Tapi bagi pencinta trail berkantong cekak, beli motor sport seken juga masih terasa mahal, maka jadilah motor bebek sasarannya. Sementara darah sudah menggelegak ingin “Nrabas”, maka yang punya motor-moo nganggur, terutama yang enteng seperti bebek 2 tak, akhirnya dimodif jadi motor trail jadi-jadian atau biasa kita kenal dengan trail odhng-odhong. Di daerah kami sudah banyak yang jago modif trail, terbukti dengan banyaknya motor hasil modif berseliweran di jalan. Kira-kira penampakannya seperti ini.
trail force1 trail jupitar trail tornado trail vega
Ubahan yang sangat tampak (lihat gambar) pada bebek trail ini adalah :
  1. Sok depan mengadopsi sok motor sport, kalau perlu dimodif lagi biar lebih panjang
  2. Frame diperkuat dengan 1-2 batang besi pipa baja dengan berbabagai konstruksi
  3. Roda depan diperbesar ukurannya dan diganti ban tahu, kalo nggak pantes pake ukuran 19 ya 18 aja cukup
  4. Roda belakang malah diperkecil menggunakan ukuran 16
  5. Stang diganti yang lebih baplang agar memudahkan manuver sekaligus memberikan pegangan yang kokoh
  6. Engine dan pengapian harus sedikit dioprek untuk meng-upgrade powernya supaya tidak kedodoran saat nanjak (terlihat dari knalpotnya). Kalo masih kurang gahar, biasanya tinggal mainin gir depan-belakang.
  7. Penampilan dan lain-lain
Maklum bro orang Indonesia memang jagonya kalau akal-akalan, “Tidak ada rotan akar pun jadi”. Ayo yang punya motor bebek nganggur bisa dimodif jadi motor trail, agar bisa ikut nrabas di hari libur . Sepertinya untuk modif motor trail apa adanya nggak butuh biaya mahal, kira-kira perinciannya :
  1. Motor bebek seken 1.5-3.5 juta
  2. Sok depan 250rb
  3. Roda depan belakang (seken) sekitar 500rb
  4. Ngelas frame 150-250rb
  5. Oprek mesin sedikit maksimal 500rb
Bagi yang sudah punya motornya dan jago ngebengkel, tentunya biayanya jauh lebih murah.
Semoga bermanfaat dan memberikan semngat di pagi ini

No comments:

Post a Comment