Tuesday, May 3, 2016

Ini Dia Cara Mengetahui Model Tahun Motor KTM dan Husqvarna

GRC - Di bawah ini adalah ulisan dari Rudy Poa, sahabat IDB yang juga pemilik toko Karya Indah Motor yang jualan parts dan aksesoris motor KTM, Husqvarna dan Husaberg. Tulisan ini akan membantu bro dan sist yang mungkin mau membeli motor trail second, karena seringkali penjual itu menyebut usia motornya lebih muda. Semoga bermanfaat.
Sebagai pemasok parts dan aksesoris KTM dan Husqvarna, kami selalu menanyakan tahun dan model dari motor yang membutuhkan spare parts atau aksesories. Sering kali pelanggan menyebutkan model tahun dari motor yang membutuhkan, tapi sering kali kami ragu dan menanyakan VIN atau nomor rangka dari motor yang bersangkutan. Tidak jarang hasilnya berbeda, dan mayoritas tahun pengakuan kelebihan, dalam arti pengakuannya kemudaan.
Biasanya hal ini terjadi dari pemilik yang membeli motornya second hand atau bekas, atau tidak pakai dari baru. Kata simplenya ya KETIPU! Beli motor tidak sesuai tahun.
Saya akan uraikan bagaimana cara mengetahui model tahun, bukan tahun produksi? Kenapa bukan tahun produksi, karena tahun produksi KTM 6 days Slovenia 2016 tetap dibuat July 2015, tapi indentitas motor ini tetap sebagai model KTM 2016. Jadi tahun pembuatan/perakitan tidak masalah, namun model tahunnya yang penting.
Foto di bawah menunjukan apa artinya ke 17 angka nomor rangka. Digit atau angka ke 10 mununjukan tahun pembuatan, dan dimulai tahun 2010 urutan adalah sbb:

A = 2010
B = 2011
C = 2012
D = 2013
E = 2014
F = 2015
G = 2016
Dan seterusnya
Sebelum tahun 2010, digit ke 10 akan menunjukan angka. contohnya:
9 = 2009
8 = 2008
7 = 2007
Dan seterusnya.
Dibawah tahun 2000 akan kembali ke Huruf lagi.
Semoga informasi ini dapat membantu saat membeli motor bekas pakai atau saat memesan spare parts.
Tata cara membaca nomor rangka ini berlaku untuk semua merk motor baik buatan Jepang atau Eropa, bahkan kembanyakan mobil pun menggunakan system yang sama.

Tolong bantu di share informasi ini agar konsumen agar lebih trampil dalam memilih dan megurus motornya.

No comments:

Post a Comment