GRC - Motor trail buatan Shineray dengan mesin 250 cc memiliki nama XY250GY-2 Enduro. Secara desain, XY250GY-2 Enduro nggak kalah dengan motor-motor trail buatan Jepang maupun Eropa. Motor ini tampak ganteng, kekar, dengan mesin yang begitu padat mengisi frame. Kalau melihat dari desainnya, XY250GY-2 Enduro lebih difokuskan sebagai motor dual sport (dual purpose) ketimbang motor enduro (off road). Itu bisa dilihat dari kehadiran headlight, lampu sign, kaca spion, instrument dashboard, tail light, hingga rear fender yang berfungsi sebagai holder plat nomor. Artinya apa? XY250GY-2 Enduro merupakan motor street legal, bisa digunakan di jalan raya tanpa khawatir ketilang polisi.Motor trail memang memiliki pasar tersendiri di berbagai belahan dunia. Nggak heran kalau berbagai pabrikan ikut terjun ke segmen ini, termasuk pabrikan motor asal China, Shineray. Sebenarnya produk buatan Shineray sudah ada yang masuk ke Indonesia melalui Hobby Motor. Namun, produk yang sudah masuk ke Indonesia ini adalah XY400GY (SOIB Adventure 400) yang tergolong sebagai motor adventure dengan mesin 400 cc. Padahal Shineray juga punya produk motor trail dengan mesin 250 cc yang seandainya masuk ke Indonesia bisa dibandrol dengan harga lebih bersahabat (ketimbang XY400GY). Seperti apa motor trail buatan Shineray??
Meskipun dilahirkan sebagai motor dual sport, bukan berarti XY250GY-2 Enduro nggak bisa diajak bermain off road. Mesin XY250GY-2 Enduro tergolong cukup menjanjikan kok mas bro… Dia pakai mesin 249 cc DOHC berpendingin udara, tapi masih menggunakan sistem pembakaran karburator (PZ30), dengan rasio kompresi 11:1. Tenaganya tergolong lumayan, mencapai 24,4 HP/8.500 rpm dan torsi maksimal 19 Nm/7.500 rpm. Paling nggak tenaga sebesar ini masih imbang-imbangan dengan motor trail brand lokal yang pakai basis produk China, Viar Cross X 200 ES. Selain itu, bobot XY250GY-2 Enduro hanya 120 kg. Memang sih bobot segini agak berat buat bermain off road, tapi cukup sepadan lah dengan harganya.
Beberapa hal lain yang menarik, XY250GY-2 Enduro dilengkapi dengan part-part yang cukup mumpuni. Misalnya saja suspensi depan pakai upside down FASTACE AS07RC yang bisa di-setting preload dan compression-nya dengan fleksibel, serta suspensi belakang mono shock FASTACE BS88RC Remote Reservoir yang juga bersifat fully adjustable. Kemudian velg menggunakan UNISSON Alloy J21 x 1.60 (depan) dan UNISSON Alloy J18 x 2.15 (belakang) yang sudah tersertifikasi DOT (Department of Transportation) Amerika Serikat. Velg itu kemudian dibalut dengan ban Kenda 80/100-21 (depan) dan Kenda 110/100-18 (belakang).
Oh ya… Selain XY250GY-2 Enduro, Shineray juga punya produk bernama XY250GY-2 Motard. Keduanya boleh dibilang memiliki spesifikasi yang mirip. Bedanya XY250GY-2 Motard pakai ban aspal yang gambot dengan diameter 17 inch (depan-belakang). Perbedaan lainnya, XY250GY-2 Motard memiliki bobot yang lebih berat. Kalau XY250GY-2 Enduro bobotnya cuma 120 kg, XY250GY-2 Motard ini bobotnya mencapai 135 kg. Selebihnya, kedua motor spesifikasinya sama, mulai dari spesifikasi mesin, frame, desain, hingga kapasitas tangki bahan bakar dipastikan sama!
Menurut kami, XY250GY-2 Enduro dan XY250GY-2 Motard memiliki potensi yang bagus kalau diboyong ke Indonesia. Apalagi Indonesia sedang ramai-ramainya motor trail. Paling tidak XY250GY-2 Enduro bisa ngerecoki Kawasaki KLX250S di segmen motor dual sport, sementara XY250GY-2 Motard menjadi alternatif yang menarik di kelas supermoto selain Kawasaki D-Tracker X. Nggak cukup sampai di situ, XY250GY-2 Enduro juga berpotensi mengobrak-abrik market Viar Cross X 200 SE/ES di segmen motor enduro berkat mesinnya yang sepadang dan bobotnya nggak terlalu berat. Semua itu bisa dilakukan asal bandrol harganya tepat. Toh XY250GY-2 Enduro dan XY250GY-2 Motard sudah dipasarkan di Australia, jadi secara kualitas sudah cukup baik. Kalau mas bro mau melihat lebih detail spesifikasi XY250GY-2 Enduro dan XY250GY-2 Motard, langsung tengok saja di website Shineray Australia. Semoga berguna…
No comments:
Post a Comment