Sunday, September 13, 2020

ORGAN GERAK MANUSIA

Tulang dan Otot Sebagai Alat Gerak

Coba deh kamu berjalan ke cermin, lalu perhatikan tubuh kamu. Kok bisa ya tubuh kita mempunyai bentuk seperti itu? Hal ini, dikarenakan oleh rangka (tulang) dan otot yang membentuknya. Selain tempat untuk melekatnya otot, rangka juga berfungsi untuk melindungi organ dalam. Rangka juga membentuk sistem gerak yang memungkinkan kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, rangka tersusun dari banyak tulang dan masing-masing memiliki fungsi yang beragam. Lalu, apa saja tulang yang menyusun rangka tubuh manusia?

Tulang-tulang yang menyusun rangka tubuh kita terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kerangka aksial dan kerangka apendikular. Kerangka aksial meliputi 80 tulang pada manusia, sedangkan kerangka apendikular terdiri dari 126 tulang.

rangka tubuh manusia

Bagian-Bagian Tulang Manusia dan Fungsinya

Seperti yang sudah diketahui, tubuh manusia dewasa terdiri dari 206 tulang, yang melindungi tubuh manusia sekaligus membentuk rangka. Disini kita akan mengenal berbagai macam jenis tulang dan juga fungsi-fungsinya.

Tulang Tengkorak

tengkorak

                                                 Sumber Gambar: dosenbiologi.com

Tulang tengkorak manusia terdiri dari 28 tulang yang bisa bisa dibagi lagi menjadi tulang wajah dan kranium. Salah satu fungsi utama dari tulang tengkorak adalah untuk melindungi otak serta organ-organ indra seperti mata serta telinga bagian dalam. Tulang yang menyusun kranium, akan membentuk hubungan antar tulang yang begitu rapat pada sendi yang disebut dengan sutura.

Tulang Wajah

Ada 14 tulang yang akan menjadi bagian dari tulang wajah, termasuk tulang telinga bagian dalam yaitu malleus, stapes, incus. Tulang-tulang wajah tersebut membentuk bagian rongga mata serta rongga hidung, dan menjadi tempat bagi gusi dan juga gigi.

Tulang Dada dan Tulang Rusuk

rusuk

                                                        Sumber Gambar: gurupendidikan.co.id

Tulang Dada atau sternum akan menempel dengan tulang rusuk dan punggung. Ketiga tulang ini akan membentuk sebuah pelindung untuk organ-organ penting di tubuh manusia seperti paru-paru dan jantung. 

Sebagian besar orang mempunyai 12 pasang tulang rusuk yang akan tersusun atas:

  • 7 pasang tulang rusuk sejati
  • 3 pasang tulang rusuk palsu
  • 2 pasang tulang rusuk melayang

Tulang rusuk sejati akan melekat di tulang dada melalui kartilago. Untuk tulang rusuk palsu, tulang tersebut tidak akan melekat secara langsung pada tulang dada, akan tetapi berpasangan dengan tulang rusuk sejati paling bawah.Dan tulang rusuk melayang tidak melekat pada tulang dada ataupun pada tulang rusuk lainnya, namun melekat pada tulang belakang, tulang dada ini terdiri atas hulu tulang, badan tulang, serta tahu pedang.

Ruas-Ruas Tulang Belakang

tulang belakang

                                                        Sumber Gambar: bumninsight.co.id

Ruas-ruas tulang belakang bisa juga disebut dengan vertebra, tersusun atas 33 tulang yang tidak beraturan yang terpisah-pisah. 33 tulang tersebut terdiri dari:

  • 7 tulang leher atau serviks, 
  • 12 tulang punggung atau toraks, 
  • 5 tulang pinggang atau lumbar, 
  • 5 tulang kelangkang atau sakrum, 
  • 3 tulang ekor atau koksi. 

Untuk menghubungkan bagian antar ruas tulang belakang, ada yang namanya cakram atau keping kartilago. Fungsi dari vertebra adalah untuk melindungi sumsum tulang belakang serta berfungsi untuk penegak kepala.

Tulang Tungkai

Tulang tungkai atas bawah

Ada dua jenis tulang tungkai, tungkai atas atau lengan dan tungkai bawah atau kaki. Tulang lengan dibagi lagi menjadi tulang lengan atas atau humerus yang terhubung dengan dua tulang pada lengan bawah, tulang hasta atau ulna dan tulang pengumpil atau radius.

Untuk tulang tungkai bawah atau kaki, terdiri dari 3 bagian yaitu tulang paha atau femur, tulang kering atau tibia, serta tulang betis atau fibula. Tibia memiliki fungsi untuk menyokong berat tubuh, serta fibula mengatur pergerakan pergelangan kaki.

Tulang Gelang Bahu serta Gelang Panggul

Rangka Anggota Gerak dan Rangka Pembentuk Badan - ppt download

Gelang bahu terletak di pangkal humerus, terdiri dari tulang selangka (klavikula) serta dua tulang belikat (skapula). Sedangkan tulang panggul (pelvis) terdiri dari 5 tulang yaitu pubis, ilium, sakrum, iskium, serta koksi.

Nah, itu dia jenis-jenis tulang dan juga fungsinya. Setiap tubuh manusia memiliki tulang-tulang ini. Apakah kamu memiliki sebuah pertanyaan? Jika ada, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar. Dan jangan lupa untuk memberikan pengetahuan ini ke orang banyak!

No comments:

Post a Comment