Wednesday, September 9, 2020

ORGAN GERAK

Makhluk hidup diciptakan oleh Allah SWT dengan berbagai macam bentuk dan keunikannya masing-masing. Tidak hanya bentuknya saja, organ gerak hewan pun dibuat unik juga loh.

Organ ini sendiri diciptakan untuk bergerak, agar hewan dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Manusia juga memiliki organ gerak yang berupa dua kaki. Akan tetapi pada kesempatan kali ini Guru hanya akan fokus membahas mengenai organ gerak hewan terlebih dahulu ya.

Hewan merupakan makhluk ciptaan Alloh yang  cenderung sama dengan manusia pada organ tubuhnya, hanya saja perbedaannya terletak pada akal.

Hewan tidak memiliki akal, sedangkan manusia memiliki akal. Sehingga hewan hanya akan bergerak sesuai dengan nalurinya saja. Hal ini adalah perbedaan paling besar yang ada pada hewan dan juga kita, manusia.

Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya. Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan.

Rangkuman Materi Organ Gerak Manusia dan Hewan

Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu 

1. Organ gerak pasif berupa tulang 

2. Organ gerak aktif berupa otot. 

Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya.

Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan. Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

Hewan merupakan makhluk ciptaan Alloh yang  cenderung sama dengan manusia pada organ tubuhnya, hanya saja perbedaannya terletak pada akal.

Hewan tidak memiliki akal, sedangkan manusia memiliki akal. Sehingga hewan hanya akan bergerak sesuai dengan nalurinya saja. Hal ini adalah perbedaan paling besar yang ada pada hewan dan juga kita, manusia.

Gerakan pada hewan dapat terjadi dikarenakan hewan sendiri dibekali dengan organ gerak yang juga dimiliki oleh manusia. Namun berbeda dengan organ gerak manusia yang hanya terdiri dari dua kaki. Hewan memiliki organ gerak yang berbeda-beda tergantung jenis hewan dan habitatnya.

Pada pelajaran kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai organ gerak hewan. Yuk kita baca artikel  ini hingga akhir agar kita tahu apa saja organ gerak hewan.

1.) Organ atau Sistem Gerak Ikan

 

Ikan merupakan hewan berdarah dingin yang hidup di dalam air, memiliki sisik dan bergerak menggunakan sirip. Agar ikan mudah bergerak, ikan mensekresikan lendir yang ada pada tubuhnya agar tubuhnya menjadi licin dan dapat meminimalkan gesekan dengan air.

Ikan bernafas menggunakn insangnya, namun ada juga beberapa ikan yang bernafas menggunakan paru-paru sehingga ikan tersebut perlu keluar dari air untuk menghirup udara.

Rangka ikan terdiri dari tulang-tulang dan rawan-rawan yang menempel pada jaringan penghubung dan jaringan berserat. Kedua jaringan ini berfungsi sebagai penghubung dari dua mau pun lebih tulang rawan agar dapat digunakan untuk bergerak.

Ikan mempunyai organ khusus yang dapat membantunya dalam berenang, yaitu  gelembung renang. Organ ini bentuknya dengan mirip balon (gelembung) yang ada pada  tubuh ikan, gelembung ini berfungsi agar memudahkan ikan mengapung dan bergeak di dalam air.

 

2.) Organ atau Sistem Gerak Ular

 

Ular termasuk hewan yang bergerak dengan cara yang unik dan berbeda. Yakni mereka bergerak dengan cara merayap sebab mereka adalah hewan melata. Mereka bisa merayap di tanah mau pun di air.

Hal ini didukung oleh bentuk dari tulang ular yang merupakan tulang tengkorak, tulang badan lalu tulang ekor. Di dalam tulang tulang ini sendiri terdapat ratusan ruas ruas yang memudahkan ular untuk bergerak bebas.Pada tulang tengkorak, tepatnya pada tulang rusuk yang terhubung  menggunakan tulang belakang dan dislimuti otot-otot yang begitu lentur akan tetapi kuat. Bentuk tubuhnya inilah yang membuat ular dapat bergerak.

 

3.) Sistem Gerak Burung

 

Pada ulasan pembuka tadi Guru sudah menyatakan jika setiap hewan memiliki cara gerak yang unik dan alat gerak yang berbeda-beda. Nah, burung pun termasuk hewan yang memiliki cara gerak yang unik.

Sebab burung bergerak di udara, alias terbang. Sehingga mereka tidak berjalan atau bergerak di tanah seperti hewan kebanyakan. Karena burung bergerak atau lebih tepatnya terbang dengan sayapnya.

Sejatinya burung terbang dengan cara yang berbeda-beda dan hal ini dipengaruhi oleh jenis dan bentuk dari tubuh mau pun sayap dari burung itu sendiri.

Burung sendiri bisa terbang karena memiliki bentuk tubuh yang mempunyai gaya angkat yang lebih besar jika dibanding dengan hewan lainnya sehingga bisa melepaskan pengaruh dari gaya grafitasi yang dimiliki oleh bumi.

 

4.) Sistem Gerak Amphibia

 

 

Kodok dan katak merupakan contoh hewan amphibi yang memiliki konstruksi tulang katak yang terdiri dari tulang badan, tulang anggota gerak dan juga tulang tenggorak atau tulang kepala.

Amfibi sendiri memiliki sendi baik itu di lutut, bahu, siku atau pun pinggul, pergelangan kaki dan tangan, sendi ini sendiri memudahkan hewan amfibi untuk bisa bergerak dengan cara melompat.

 

5.) Sistem Gerak Mamalia

 

Ada banyak sekali contoh dari hewan mamalia yang ada di sekeliling kita, seperti kucing, sapi, kambing, kuda hingga kerbau dan masih banyak yang lainnya. Mamalia hidup di berbagai jenis habitat, ada mamalia yang hidup di darat, udara hingga mamalia yang hiduo di air.

Salah satu contoh hewan mamalia adalah kuda yang bergerak dengan menggunakan ke empat kakinya. Pada saat bergerak kaki belakang kuda akan mendorong kaki depan, sehingga cepat atau lambatnya pergerakan kuda dipengaruhi oleh kedua kaki belakangnya.

Nah, itulah pemaparan dan penjelasan mengenai organ gerak hewan, pada artikel ini hanya diambil 2 contoh hewan, yaitu ikan (pisces) dan ular (reptile). Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi pembaca di dunia ilmu pengetahuan alam terkhusus pada ilmu zoology.


No comments:

Post a Comment