Wednesday, September 16, 2020

PENJAS KELAS 5 KOMBINASI GERAK DASAR ATLETIK

Tidak hanya lari dan lompat, pada pelajaran ini, kamu akan mempelajari variasi gerak dasar jalan dan lempar. Bagaimana bentuk variasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar? Mari, pelajari materi ini dengan sungguh-sungguh.

Kegiatan bermain lompat tali biasa kamu lakukan bersama temanmu. Variasi gerak jalan dan lari sangat menyenangkan jika dipraktikkan dalam bentuk permainan. Manusia memiliki berbagai kemampuan gerakan di antaranya jalan, lari, lompat, dan lempar. Gerakan tersebut termasuk gerakan dasar atletik. Atletik merupakan cabang olahraga tertua dan induk semua cabang olahraga.

1. Variasi Gerak Dasar Jalan

Variasi Gerak Dasar Jalan Lari Lompat dan Lempar

Jalan adalah aktivitas gerak memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat lain. Saat kaki melakukan pergantian langkah, satu kaki tetap bertumpu pada dasar pijakan. Bagaimana bentuk variasi gerak dasar berjalan?

Pertama yaitu Variasi Gerak Berjalan Berdasarkan Arah, terdiri dari jalan maju dan mundur, dan jalan ke samping dan berkelok-kelok. Kedua variasi gerak berjalan berdasarkan langkah, terdiri dari langkah biasa dan tegak, langkah rapat dan cepat.

Dari uraian diatas kita dapat memahami upaya apa yang dapat kita lakukan pada siswa agar mereka memiliki tingkat kebugara yang tinggi dengan jalan atau gerakan gerakan jalan sebagai berikut merupkan macam-macam jalan, 

  1. Jalan Cepat: Gerakan maju dengan melangkah yang dilakukan sedemikian rupa sehingga tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah. 
  2. Jalan Serempak: Suatu Gerakan jalan berbaris yang dilakukan secara berkelompok atau berregu yang jumlahnya tidak kurang dari 10 orang. Agar gerakan lebih dinamis dan menarik. 
  3. Jalan ditempat: Gerakan jalan ditempat memberikan rangsangan kepada siswa untuk mau melakukan mengangkat lutut. Tujuan gerakan ini adalah memberikan rasa atu irama langkah satu sama lainya. 
  4. Jalan Mundur: Memberikan rangsangan untuk keseimbangan serata filing suatu kondisi, juga memberikan dan merangsang kewaspadaan diri terhadap lingkungan sekitar. 
  5. Jalan Menyamping: Jalan ini dapat dilakukan semua anak sekolah, jalan ini dapat dilakukan berbagai macam fariasiuntuk memupuk rasa percaya diri serta menumbuhkan kematangan. 
  6. Jalan silang: Dapat dilakukan dengan dua macam cara jalan silang kedepan dan jalan silang menyamping. 
  7. Jalan jinjit: Jalan jinjit ini dapat dilakukan dengan bermain baik itu perorangan atau kelompok. 

2. Variasi Gerak Dasar Berlari

Variasi Gerak Dasar Berlari

Apa saja variasi gerak dasar berlari? Ada beberapa variasi gerak berlari yang dapat kamu praktikkan. Contoh bentuk variasi gerak dasar berlari meliputi lari pelan dan lari cepat, lari menyamping, dan lari berkelok-kelok, lari melompati rintangan dan lari langkah kuda.

Pengenalan Gerakan dasar lari untuk anak-anak penekananya pada kreativitas anak-anak sangat diperhatikan. Akan tetapi mengenai teknik-teknik dasar gerakan lari yang benar, tetap harus diperhatikan. Berikut merupakan pengenalan gerakan dasar lari bagi anak-anak yang dilakukan dengan cara: 

  • Lari ditempat 
  • Lari bergerak maju kedepan 
  • Lari kesamping 
  • Lari kebelakang 
  • Lari sambil berbelok-belok 
  • Lari sambil merangkak 
  • Lari ditempat dengan ujung kaki

3. Variasi Gerak Dasar Lompat dan Loncat

Variasi Gerak Dasar Lompat dan Loncat

Apa sajakah variasi gerak dasar lompat dan loncat? Tahukah kamu, gerakan melompat memberikan pengalaman cara menumpu atau mendarat yang benar. Selain itu, aktivitas melompat dapat menumbuhkan keberanian dan percaya diri.

Contoh variasi gerak dasar lompat dan loncat meliputi lompat tali dan loncat katak, loncat ke atas dan lomcat jauh, lompat raih dan lompat jauh.

Gerak dasar lompat, selain untuk memberikan pengalaman kepada anak-anak bagaimana melakukan tolakan dan cara mendarat yang benar, juga untuk memupuk keberanian pada anak-anak saat latihan pengenalan gerak dasar melompat dapat dilakukan antara lain dengan cara berikut. 

Lompatan-lompatan dengan dua kaki 

  1. Lompat-lompat dengan dua kaki 
  2. Lompat-lompat dengan dua kaki, waktu mendarat badan jongkok kedua tangan menyentuh tanah. 
  3. Lompat-lompat dengan dua kaki, sewaktu di udara badan berputar 90 derajat, kemudian 180 drajat, sewaktu lutut mendarat mengeper. 
  4. Lompat- lompat ditempat meraih sesuatu benda yang menggantung diatasnya. 
  5. Lompat- lompat dengan satu kaki secara bergantian.

4. Variasi Gerak Dasar Lempar

Variasi Gerak Dasar Lempar

Tahukah kamu, gerakan melempar dilakukan dengan satu atau dua tangan? Benda yang biasa digunakan dalam gerakan melempar, yaitu bola kasti, bola sepak, bola basket, lembing, roket, dan cakram. Apa sajakah bentuk pembelajaran variasi gerak lempar? Contoh gerak dasar lempar meliputi lempat roket, lempar bola ayun.

Pengenalan Gerakan Melempar yang disajikan kepada anak-anak selain untuk mengembangkan kemampuan jasmani anak dalam bertindak melakukan suatu bentuk Gerakan dengan menggunakan anggota badanya agar lebih trampil dalam menggunakan alat-alatnya, juga sebagai pengenalan gerkan dasar melempar yang menuju kenomor lempar dalam atletik. Alat-alat yang dapat digunakan sebagai pelajaran pengenalan Gerak dasar lempar tersebut antara lain: 

  1. Bola tenis 
  2. Bola kasti 
  3. Bola Bsaket 
  4. Bola Sepak 
  5. Bola plastik dan lain-lain. 

Untuk menyajikan bahan pelajaran pengenalan gerakan dasar melempar kepada anak anak antara lain dapat dilakukan dengan: 

  1. Melemparkan bola sejauh jauhnya lewat diatas kepala. 
  2. Melemparkan bola ke sasarn yang sudah di tetapkan. 
  3. Melemparkan bola dari samping badan. 
  4. Melemparkan bola menggelinding diatas tanah. 
  5. Menolakan badan sejauh-jauhnya.

No comments:

Post a Comment