Monday, February 15, 2016

Handguard di Motor Trail Bukan Sekedar Pajangan

GRC - Fungsi handguard yang dipasang di stang motor trail itu sebenarnya bukan sekedar pajangan atau agar motor kelihatan lebih keren. Kalau di motor sport atau on road, memang seringkali handguard  lebih banyak untuk gaya-gayaan saja, biar kelihatan keren, sehingga memasangnya juga banyak yang keliru dan handguard  yang dipasang pun banyak yang kualitas rendah.

Untuk motor trail yang dipakai untuk offroad (bukan sekedar mejeng di jalanan raya) itu handguard sangat penting terpasang dengan benar. Handguard  yang bagus itu berfungsi antara lain:

  • Melindungi jari tangan dari lontaran kerikil atau tanah akibat garukan roda motor yng ada di depan kita
  • Melindungi tuas kopling dan rem depan dari resiko patah ketika motor jatuh
  • Mencegah tuas rem depan tiba-tiba ngerem sendiri akibat terkena ranting atau semak ketika offroad di jalur single track dan banyak pohon.
  • Jika plastik yang ada di handguard itu lumayan lebar, akan melindungi tngandari cipratan lumpur

Tentunya handguard agar bisa berfungsi maksimal itu harushandguard yang berkualitas bagus. Kalau memasang handguard yang murahan atau palsu, itu akan mudah pecah atau baut pengunci mudah aus/sleg.

Beberapa merk handguard ternama yang sudah teruji kualitasnya itu antara lain Acerbis, Zeta, UFO, FastWay, Race Tech, Cycra dan lainnya. Dari merk yang disebutkan itu Zeta termasuk yang paling murah, dengan harga sekitar Rp 900.000.

Seorang teman sempat “protes’, karena dia sudah beli handguardAcerbis, tetapi ketika dipakai offroad itu tiba-tiba handguard-nya pecah bagian pengunci ke stang motor. Dia bilang, “katanya Acerbis itu merk yang bagus, kog gampang patah padahal gak jatuh”.

Usut puny usut ternyata handguard Acerbis yang dipasang itu palsu bro! Yah, sekarang ada  banyak handguard merk ternama seperti Acerbis tetapi ternyata palsu. Namanya juga barang palsu, pasti kualitasnya juga diragukan. Adaperibahasa, ada harga ada rupa.  Makanya teliti sebelum membeli bro

No comments:

Post a Comment