Monday, March 28, 2016

Harley-Davidson Punya Motor Adventure

Harley Davidson 750 Stealth at 2016 Bangkok Motor Show
GRC - Harley-Davidson merupakan pabrikan motor legendaris asal Amerika Serikat yang dikenal memiliki motor-motor dengan tipe cruiser maupun muscle bike. Namun, di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2016 lalu, Harley-Davidson memamerkan sesosok motor adventure-tourer yang diberi nama Harley-Davidson 750 Stealth. Seperti apa sih cerita lengkapnya? Yuk simak mas bro!
Sejatinya Harley-Davidson 750 Stealth bukanlah motor produksi massal, melainkan hanya motor modifikasi dengan bahan dasar Harley-Davidson Street 750. Motor ini dimiliki oleh Richy Wilson yang juga merupakan pemiliki main dealer Harley-Davidson di Thailand. Richy sengaja memodifikasi Harley-Davidson Street 750 miliknya menjadi sebuah motor adventure-tourer agar menarik bagi para generasi muda. Bisa dikatakan ide yang dilontarkan oleh Richy melalui modifikasi motornya ini sangat radikal dan keluar dari pakem-pakem Harley-Davidson selama ini.
Lalu, kenapa diberi nama Harley-Davidson 750 Stealth? Stealth adalah sebuah fitur yang dimiliki oleh pesawat jet tempur siluman atau generasi baru yang tidak bisa terdeteksi oleh radar. Nah, warna motor yang yang dimiliki Richy serupa dengan jet-jet siluman itu, yang umumnya berwarna khas gelap, sehingga tidak salah juga kalau diberi nama Harley-Davidson 750 Stealth. Sekujur body Harley-Davidson 750 Stealth memang berwarna gelap dengan desain kaku yang memberikan kesan angker seperti predator.
Sebagai mtoor adventure-tourer, tentu saja berbagai part pendukung disematkan pada Harley-Davidson 750 Stealth agar mampu digunakan di medan off road. Misalnya saja ban off road dengan kombinasi ukuran 18-21 inch, suspensi depan upside down, suspensi belakang mono shock seperti halnya motor adventure lainnya, lampu LED, tangki aluminium, hingga knalpot custom. Mungkinkah Harley-Davidson bakal benar-benar memproduksi massal motor adventure-tourer? Belum ada jawaban yang pasti mas bro. Motor dengan tipe adventure-tourer memang keluar dari pakem Harley-Davidson selama ini, tapi bukan nggak mungkin untuk dibuat kan? Lha wong motor adventure-tourer semakin hari semakin berkembang. Hampir semua brand besar punya motor tipe ini. Ambil contoh, Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, KTM, BMW Motorrad, Ducati, hingga Triumph. Tinggal menunggu gebarakan Harley-Davidson nih… Apakah brand asal Amerika Serikat ini sudi keluar dari pakem atau nggak…

No comments:

Post a Comment