Tuesday, March 22, 2016

Uji Coba Knalpot FMF Q4 untuk Motor Trail Dual Purpose

GRC - Mencari knalpot untuk motor dual purpose seperti Kawasaki KLX 250 yang pas tidaklah mudah. Memang di pasaran cukup banyak beredar knalpot untuk KLX 250, termasuk yang custom. Cuma kebanyakan knalpotnya itu dengan suara menggelegar ala motor yang full dipakai offroad.

KLX 250 itu gen-nya adalah motor dual purpose, yang dipakai untuktouring adventure. Yah kira-kira 70% jalanan aspal, 30% offroad ringan. Jadi kalau beli KLX 250 untuk dipakai full offroad, jelas itu salah pilih, karena motor ini bobotnya berat kalau untuk spek offroad.

Nah kalau KLX 250 dipakai untuk touring dengan knalpot yang menggelegar itu memekakan telinga bro. Belum lagi biasanya kalau pakai knalpot tipe free flow yang cenderung keras suaranya itu ada gejalak knalpot “nembak” ketika jalanan turun. Ahh khan gak enak kedengarannya dan malu, motor seharga Rp 60 jutaan kog nembak-nembak kayak bedil tentara hehehe.

Terus knalpot apa dong yang cocok untuk KLX 250? Jawabannya adalah FMF tipe Q4. GRC sudah mencobanya berulang kali dan hasilnya sangat memuaskan.

Dengan knalpot silencer FMF Q4, tenaga motor terasa meningkat, namun suarannya tetap ramah di telinga. Tenaga motor di kitiran bawah hingga atas ngisi terus. KLX 250 GRC dengan gir belakang ukuran 49 itu di jalanan raya masih bisa ngacir 120 km per jam dengan enteng.

Kelebihan FMF Q4 itu juga tidak ada gejala suara ‘nembak’, seperti kebanyakan knalpo model free flow. Knalpot juga dilengkai dengan DB killer untuk meredam suaranya agar tidak menggelegar, tanpa mengurangi performanya.

Jika misalnya tiba-tiba pingin masuk jalur offroad, DB Killer di knalpot bisa dilepas dengan kunci L. Tenaga motor lagsung terasa lebih terdongkrak, ngisi terus bro.

No comments:

Post a Comment