Honda-CRF250-Rally-Concept-006
GRC - Mas bro… Honda CRF250 Rally yang dipamerkan di Osaka Motorcycle Show 2016 ternyata bukan lagi sebuah motor konsep seperti yang ditampilkan pada Osaka Motorcycle Show 2015, melainkan motor prototipe yang sudah siap diproduksi massal. Kalaupun ada perubahan dibandingkan dengan versi produksi massal nanti, itu tidak akan terlalu banyak bedanya. Kabarnya, Honda CRF250 Rally akan diproduksi secara massal dan diluncurkan pada tahun 2017 mendatang mas bro… Paling nggak Honda CRF250 Rally bisa menjadi pilihan motor adventure-tourer yang lebih rasional dibandingkan dengan kakaknya yang lebih dahulu meluncur Honda CRF1000L Africa Twin!
Melihat foto-foto Honda CRF250 Rally versi protipe yang banyak beredar di internet, motor ini memang berpenampilan angker. Mengusung sasis dan mesin yang sama dengan Honda CRF250L, aura adventure Honda CRF250 Rally begitu terasa. Paling nggak Honda CRF250 Rally memiliki shroud di bagian samping bodi yang begitu besar, jauh lebih besar dibandingkan shroud milik Honda CRF250L. Kemudian di bagian mesin nyaris tertutup sempurna oleh engine cover yang seolah-olah menyatu dengan shroud di bagian atasnya, sehingga perpaduan antara shroud dan engine cover ini menyerupai fairing yang lazim terpasang pada motor adventure-tourer.
Salah satu bagian yang cukup menarik pada Honda CRF250 Rally ada pada bagian headlamp mas bro… Nah, motor ini menggunakan headlamp model dual keen eyes tapi asimetris. Lampu yang sebelah berbentuk bulat, sedangkan yang sebelahnya lagi lonjong, serta di dalamnya terdapat lampu dengan tipe LED. Konsep ini memang cukup unik dan menambah kesan sangar. Apalagi dipadukan dengan windshield transparan yang menjulang tinggi. Berbeda dengan versi konsep yang menggunakan muffler buatan Mugen, pada versi protipe kali ini Honda memasang muffler buatan Termignoni mas bro…
Di sektor mesin, Honda CRF250L masih mengandalkan mesin 249 cc DOHC satu silinder yang sama persis dengan Honda CRF250L. Mesin yang sama juga digunakan oleh motor sport Honda CBR250R dan Honda CB250F kok. Sama seperti Honda CRF250L, Honda CRF250 Rally juga sudah mengaplikasikan suspensi upside down buatan Showa. Lalu profil ban motor ini menggunakan kombinasi 18-21 inch, ukuran yang sudah amat sangat umum digunakan pada motor trail. Kemungkinan besar sih Honda CRF250 Rally bakal diproduksi di Thailand mas bro… Apakah akan masuk ke Indonesia? Ya bisa aja, walaupun masuk ke dalam deretan motor CBU yang didatangkan oleh Astra Honda Motor bersama varian big bike lainnya.
No comments:
Post a Comment