Friday, March 11, 2016

Modifikasi Honda Tiger 2000, Supermoto Rangka Special Engine

  • Foto: indra/otomotifnet
    Sepatbor dan plate number bukan dari Yamaha, ini comot punya KTM
  • Foto: indra/otomotifnet
    Disc brake depan lebar, menyesuaikan karakter berkendara di aspal
  • Foto: indra/otomotifnet
    Engine mounting handmade,disesuaikan dengan mesin Tiger
  • Foto: indra/otomotifnet
    . Peleknya unik ya, Chemco untuk Ninja 250 ada di supermoto
  • Foto: Indra
    Modifikasi Honda Tiger Supermoto
  • Foto: Indra
    Modifikasi Honda Tiger Supermoto
GRC - Christian Pandis benar-benar kepincut trail special engine, tapi bukan untuk garuk tanah. Pria berkacamata ini mau bergaya supermoto!
Masalahnya pacuan special engine kurang cocok untuk harian, selain mesinnya yangracing spec, urusan legalitas, motor balap ini dijual tanpa surat-surat dan kelengkapan lalu lintas. Solusinya, Honda Tiger lansiran 2004 kena rombak dengan rujukan Yamaha YZ250F lansiran 2006.
Desainnya, di copy-paste, bahkan agar benar-benar sempurna, rangka aluminium trail asal Jepang ini ikut dipasang lengkap suspensi depanbelakang dan cover body-nya. Lah, kalau ini jadinya YZ bermesin Tiger dong? “Hehee.. Iya,” kekeh pria ramah yang mempercayakan pengerjaan motornya pada Aneka Motor (AM) di Ciledug, Tangsel. “Karena rangkanya ringan, dari YZ250F, jadi enggak cape buat diajak jalan,” bebernya.
Modifikasi Honda Tiger Supermoto
 
Pengerjaanya pasti ribet, tentunya karena dudukan dan dimensi mesinnya berbeda. “Paling sulit terletak pada menempatkan mesin Honda Tiger ini pada rangka special engine, perlu penyesuaian engine mounting yang presisi agar motor tetap nyaman dipakai,” jelas Chris sapaan akrabnya.
Dudukan dibuat baru dari pelat besi. Khusus engine mounting yang belakang, lubang baut di crankcase atas justru tidak dipakai karena menyesuaikan dengan konstruki rangka baru. Special engine ini, rangka tengahnya double, sedang Tiger ada hanya satu di tengah.
Sedang suspensi tinggal plek, karena dari YZ250F juga. Sokbreker depan upside down hingga swing arm satu paket. Yang menarik justru peleknya, ini pakaiaftermarket yang sejatinya didesain untuk Kawasaki Ninja 250. “Masih sedikit yang mengaplikasikan pelek Ninja 250 di supermoto, jadi tampil beda. Tapi cukup merepotkan karena perlu membuat bushing baru dan membubut pelek agar tetapcenter,” tutup Chris yang mengaku puas dengan ubahannya ini. • (Otomotifnet.com)

Modifikasi Honda Tiger Supermoto
 

Data Modifikasi 
Pelek depan             :  Chemco 2.75x17
Pelek belakang        :   Chemco 4.00x17
Ban depan               :    Zeneos Turino 120/70 -17
Ban belakang          :      Zeneos Turino 160/60-17
Knalpot                   :     Endurance
Plate number          :        KTM
Setang Renthal        :       Twinwall
Sepatbor belakang   :       KX250F
Jok                         :      Custom
Sepatbor depan        :  KTM
Handguard               :   Acerbis
Decal DS                 :  Graphics

No comments:

Post a Comment