GRC - Mas bro sekalian… Kawasaki Jepang secara resmi mengumumkan model baru bagi motor dual sport Kawasaki KLX250 yang diberi nama Kawasaki KLX250 Final Edition. Bisa jadi ini adalah model pamungkas bagi Kawasaki KLX250 sebelum akhirnya nanti disuntik mati. Memang hal ini belum dikonfirmasi oleh Kawasaki Heavy Industries maupun Kawasaki Motor Indonesia. Tapi paling nggak sudah menjadi indikasi. Buat apa ngeluarin final edition kalau sampai akhirnya nggak disuntik mati? Logikanya kan begitu. Terlepas apakah nanti ada penggantinya atau tidak.
Kawasaki KLX250 Final Edition memang sudah diperkenalkan sejak April 2016, namun sejatinya Kawasaki KLX250 Final Edition baru akan dijual ke pasaran mulai 15 Mei 2016 mendatang mas broo… Rasa-rasanya Kawasaki KLX250 Final Edition bisa menjadi motor buruan yang paling tepat di tahun 2016 karena motor ini memiliki sejarah yang amat sangat panjang! Memang gimana sih awal mula dan sejarah Kawasaki KLX250? Kita coba ulas yuk sejarah Kawasaki KLX250!
Kawasaki KLR250 (1984-2005)
Sejarah panjang Kawasaki KLX250 sebenarnya bermula dari Kawasaki KLR250 yang sudah diluncurkan oleh Kawasaki sejak tahun 1984. Kawasaki KLR250 memiliki banyak banget kesamaan komponen mesin dengan ATV yang dijual oleh Kawasaki pada saat itu, yaitu Kawasaki KSF250 Mojave. Memang seperti apa spesifikasi mesinnya? Kawaskai KLR250 mengandalkan mesin berkapasitas 249 cc satu silinder, DOHC, 4-stroke, 4-valve, dan menggunakan sistem pembakaran Keihin CVK34 yang dipadukan dengan transmisi manual 6-percepatan. Pada saat pertama kali diluncurkan, power Kawasaki KLR250 tergolong cukup bengis mas bro, mencapai 28 HP, sedangkan torsi maksimum mencapai 23 Nm. Itu untuk Kawasaki KLR250 yang diproduksi pada rentang tahun antara 1984-1992. Sedangkan motor yang diproduksi pada tahun 1993-2005 punya power 30 HP/8.500 rpm!!! Menariknya, selama 21 tahun meramaikan pasar motor dual sport, desain Kawasaki KLR250 nggak mengalami perubahan. Paling-paling hanya gonta-ganti warna saja… Benar-benar desain yang long lasting walaupun tampak jadul!
Kawasaki KLX250R (1993-2005)
Pada tahun 1993, Kawasaki mulai memproduksi Kawasaki KLX250R… Di beberapa negara disebut dengan nama Kawasaki KLX250SR… Motor ini dijual berdampingan dengan Kawasaki KLR250 lho ya, bukan untuk mengantikan. Desain Kawasaki KLX250R/SR jelas jauh lebih fresh dibandingkan dengan Kawasaki KLR250, walaupun kalau dibandingkan dengan motor dual sport versi sekarang masih tampak jadul. Kawasaki KLX250R punya desain lebih modern, sasis baru, dan berbagai fitur baru, termasuk suspensi upside down di bagian depan… Akan tetapi, Kawasaki KLX250R masih menggunakan mesin yang sama dengan Kawasaki KLR250. Sama persis malahan, dengan power mencapai 30 HP. Uniknya, Kawasaki KLX250R dihentikan produksinya bersamaan dengan Kawasaki KLR250, yaitu pada tahun 2005…
Kawasaki KLX250S Generasi Pertama (2006-2007)
Era modern motor dual sport yang dimiliki oleh Kawasaki datang pada tahun 2006 ketika Geng Ijo meluncurkan Kawasaki KLX250S. Secara desain, jelas Kawasaki KLX250S melangkah sangat jauh dibandingkan dengan dua pendahulunya… Desain Kawasaki KLX250S 2006-2007 tampak agresif, meskipun masih ada kesan jadul, terutama di bagian headlamp yang berbentuk kotak… Namun, tampak modern itu hanya bajunya saja, sedangkan bagian lain masih mewarisi Kawasaki KLR250 dan Kawasaki KLX250R/SR… Coba deh perhatikan, sasis Kawasaki KLX250S generasi pertama ini sama persis dengan Kawasaki KLX250R/SR yang diproduksi sejak tahun 1993.
Bagaimana dengan mesinnya? Idem mas brooo… Kawasaki KLX250S masih mengandalkan mesin 249 cc satu silinder, DOHC, 4-stroke, 4-valve, dengan sistem pembakaran Keihin CVK34 yang dihubungkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Artinya, mesin ini merupakan warisan dari Kawasaki KLR250 yang sudah lahir sejak tahun 1984. Tentu saja ada perbaikan di sana-sini, namun dari sisi konstruksi mesin sama!! So, boleh dikatakan Kawasaki KLX250S merupakan Kawasaki KLX250R/SR dengan baju berbeda. FYI saja, di beberapa negara, Kawasaki KLX250S generasi pertama masih disebut sebagai Kawasaki KLX250R generasi terakhir…
Kawasaki KLX250S Generasi Kedua (2008-2016)
Kawasaki KLX250S generasi pertama rupanya tidak bertahan lama. Hanya dalam waktu yang cukup singkat Kawasaki sudah mengeluarkan Kawasaki KLX250S generasi kedua yang diproduksi mulai tahun 2008 sampai sekarang. Ya inilah motor dual sport seperempat liter Kawasaki yang benar-benar modern. Memang apa bedanya dengan Kawasaki KLX250S generasi pertama? Perbedaan cuma ada di bagian kosmetik saja mas bro… Desain beda, bajunya beda, sudah pakai panel indikator digital di bagian dashboard… Sedangkan mesin sami mawon alias nggak ada perbedaan… Sayang, semakin ketat standar uji emisi membuat power mesin Kawasaki KLX250S dipangkas hanya tinggal 24 HP saja. Angka ini turun cukup jauh kalau dibandingkan dengan Kawasaki KLR250 lansiran tahun 1993 atau Kawasaki KLX250R/SR yang powernya mencapai 30 HP.
Kawasaki KLX250 Final Edition (2016-????)
Pada tahun 2016 ini Kawasaki meluncurkan Kawasaki KLX250 Final Edition. Melihat dari nama saja sebenarnya sudah cukup jelas kalau ini merupakan edisi pamungkas dari Kawasaki KLX250… Lagi-lagi nggak ada berubahan yang signifikan antara Kawasaki KLX250 Final Edition dan Kawasaki KLX250S generasi kedua (2008-2016). Desain, sasis, mesin, dan fitur masih sama. Di sini Kawasaki hanya bermain warna saja. Mungkin Geng Ijo berusaha memberikan nuansa nostalgia, sehingga Kawasaki KLX250 Final Edition dilabur dengan warna yang menyerupai Kawasaki KLX250R/SR lansiran tahun 1993. Coba deh bandingkan antara foto Kawasaki KLX250 Final Edition di bawah dengan foto Kawasaki KLX250R/SR 1993 yang ada di atas, sekma warnanya mirip kan?
Siapa Pengganti Kawasaki KLX250S?
Sekarang Kawasaki sudah mengumumkan edisi terakhir dari Kawasaki KLX250S. Berarti umur motor yang selama ini cuma gonta-ganti baju tinggal menunggu waktu saja mas broo… Cuma belum diketahui secara pasti apakah Kawasaki benar-benar akan menyuntik mati si dual sport seperempat liter atau bakal membuat produk pengganti. Kalau menurut saya sih sebaiknya ya dibuat penggantinya. Alasannya, peminat motor dual sport 250 cc masih ada terus meskipun pasarnya memang nggak gede… Kemudian motor dual sport 250 cc Kawasaki punya sejarah yang amat sangat panjang, sejak Kawasaki KLR250 sampai Kawasaki KLX250S. Walaupun yang paling identik itu sejak era Kawasaki KLX250R/SR pada tahun 1993. Sayang banget kalau berhenti sampai di sini saja…
Nah, kalau mau bikin penerus Kawasaki KLX250S, sudah tentu desain mesti baru, lebih fresh, lebih modern, dan lebih agresif. Engine pun bisa diutak-atik ulang sehingga powernya nambah namun tetap lolos standar uji emisi Euro 3 atau bahkan Euro 4. Rasanya Kawasaki jago dalam mengoprek mesin lama menjadi lebih powerful. Itu sudah terbukti di Kawasaki Ninja RR Mono dan Kawasaki Z250SL, di mana Kawasaki menggunakan mesin yang sama dengan Kawasaki KLX250S. Jika di Kawasaki KLX250S mesin itu cuma punya power 24 HP, di Kawasaki Ninja RR Mono dan Kawasaki Z250SL powernya naik jadi 28 HP. Syukur kalau di Kawasaki KLX250 generasi baru nanti power bisa mencapai 30 HP biar bisa bersaing dengan Yamaha WR250R yang sekarang jadi motor dual sport 250 cc paling bengis… Ya kita nantikan saja perkembangkan dari Kawasaki terkait dengan Kawasaki KLX250 ini mas bro…
No comments:
Post a Comment