Monday, April 18, 2016

TMembersihkan Helm Motor Trail, Agar Aman dan Nyaman

GRC - Helm adalah perlengkapan mengendarai yang wajib dipakai, apalagi kalau main offroad. Jalur offroad yang tak terduga itu rawan pengendara terjatuh. Khan ada pepatah, “sepandai-pandainya mengendarai motor, akan jatuh juga” hehehe.

Biasanya itu kita sangat rajin kalau mencuci motor trail atau sepatu cross setelah kita selesai main offroad. Motor, pakaian dan sepatu langsung kinclong Tapi yang sering lupa diperhatikan itu adalah kebersihan helm. Betulkan?

Nah bagaimana cara membersihkan dan merawat helm agar selalu nyaman dan aman ketika dipakai? Simak tips dari IDB berikut ini, jadi baca terus artikelnya ya.

Pertama, untuk membersihkan helm itu lepas dulu busa yang ada di bagian dalam helm yang ada di kanan kiri yang biasanya menempel pipi itu. Semua helm modern sekarang bagian busa tersebut pasti bisa dilepas dan dipasang lagi.

Kedua,  lepas juga kain dan busa tipis yang melapisi bagian dalam helm, sehingga  akan kelihatan bagian sterefoam-nya yan warnap utih. Untuk berapa jenis helm, memang bagian dalam ini tidak bisa dilepas alias paten menempel di batok bagian dalam helm. Makanya kalau beli helm trail itu pastikan bagian dalam ini bisa dilepas, biar enak membersihkan.

Ketiga, busa dan kain yang sudah dilepas tadi rendam dalam air yang sudah diberi sampo mobil. Rendam selema 15 menit dan kemudian sikat dengan lembut meggunakan sikat gigi. Kemudian dijemur, tetapi jangan terkena sinar matahari secara langsung.

Keempat, untuk bagian sterofoam itu dibersihkan dengan menggunakan kain lap halus yang sudah dibasahi dengan air. Usap dengan halus dan jika sangat kotor itu bisa disikat menggunakan sikat gigi. Untuk bagian ini tidak perlu dikasih sabun, sampo atau bahkan alkohol, karena justru itu bisa merusak sterofoam-nya.

Kelima, untuk bagian luar helm cukup dibersihkan dengan kai lap yang sudah dibasahi air, tidak perlu disikat. Setelah itu bisa dijemur, tetapi jangan terkena sinar matahari langsung.

Untuk helm supermoto atau dual purposeyang ada kaca visornya, itu kaca dibersihkan dengan lap halus yang sudah dibasahi dengan air. Cara membersihkannya dengan gerakan memutar secara lembut. Kemudian bersihkan dengan kertas tissu kering, juga dengan gerakan memutar.

Setelah kering semuanya, bagian yang dilepasi itu dipasang kembali dengan sempurna. Supaya tampak mengkilat dan melindungi cat, olesin bagian luar helm dengan wax yang biasa dipakai untuk motor atau mobil.

Kemudian pastikan kucian pad (tudung helm) helm itu sudah rapat, tidak terlalu kendor. Tali helm juga harus dalam kondisi baik. Sering terjadi tali helm itu lepas karena kait tali helm yang menempel di batok helm itu berkarat. Kalau tali sudah aus atau lepas, helm ini jangan dipakai lagi, karena untuk helm trail itu wajib ada talinya

No comments:

Post a Comment